difersifikasi produk sepatu cibaduyut – sebuah pemikiran


Suatu saat sebelum saya tuliskan tulisan ini saya sempat bertanya dalam hati saya; mungkinkah ada  “sesuatu”, kekurangan yang terjadi pada home industri sepatu di cibaduyut ? atau telah ketinggalan dan salah dalam sistem pemasaran, atau mungkin faktor kualitas sepatu itu sendiri yang mempengaruhi perkembangan Industri sepatu cibaduyut sehingga tidak melesat pesat, bahkan cenderung menurun secara signifikan (kuantitasnya) dan di tinggalkan konsumennya ??

setelah saya browsing sana sini ada satu hal yang sangat menarik saya temukan, dan sedikit mengobati pertanyaan saya.
Saya menemukan satu kata : “DIFERSIFIKASI PRODUK”.

Untuk divesifikasi produk ini diperlukan <strong>kreatifitas,inovasi, penelitian, modal, promosi atau komunikasi pemasaran, bantuan dari pemerintah untuk usaha kecil dan menegah</strong>. Artinya penganeka ragaman produk.
Jadi diawali dengan satu produk utama dapat dibuat berbagai macam produk.
Diversifikasi tetap berorientasi pasar yakni mempertimbangkan kebutuhan, selera, harapan, daya beli dan segmen pasarnya.

<strong>Kita mulai dengan sepatu laki laki (dewasa/remaja),</strong>

Yang saya tau dan lakukan jika kita membeli sepatu, Mr. X lihat model yang akan dibeli, kemudian jika telah tertarik dengan model tersebut maka akan mencobanya dahulu, setelah itu lihat harga jika telah sreg dengan hati lalu dibeli…. !
kemudian apa yang terjadi jika kejadiannya seperti ini; model ok, tapi ukuran tidak ada. atau ukuran ada tapi model kurang cocok. kejadian seperti ini sering terjadi.
Nah disinilah menurut saya difersifikasi itu berperan, atas kejadian  tersebut di atas, dapatkah kejadian tersebut diatasi? jawabannya…………DAPAT !!!
caranya : toko memiliki ahli pembuat sepatu, karena diawali dengan satu model sepatu maka si toko bisa membuat sepatu lainnya sesuai dengan keinginan si Mr. X tersebut. keuntungannya ?….. Mr.X akan merasa puas ! tau kan kepuasan itu akan dibayar dengan uang keuntungan lainnya Mr.X bisa promosi ke rekan rekannya bahwa Toko “G” di kawasan cibaduyut bisa terima pesanan sesuai dengan model dan ukuran yang di inginkan konsumen. berapa harga yang akan di bayar dengan itu ??
Dengan diversifikasi produk, suatu perusahaan tidak akan bergantung pada satu jenis produknya saja. Tetapi perusahaan juga dapat mengandalkan jenis produk lainnya (produk diversifikasi).Karena jika salah satu jenis produknya tengah mengalami penurunan, maka akan dapat teratasi dengan produk jenis lainnya.
Yang terpikirkan oleh penulis, jangan tergantung dari produksi bahan kulit saja, disamping sekarang harga kulit mahal, ciptakan inovasi baru. selain dari bahan kulit apa lagi yang bisa di olah dan dijual, seberapa mampu produsen berinovasi menciptakan model sepatu. ini perlu komunikasi antara produsen toko, dan pemerintah.
Namun perlu di ingat,diversifikasi adalah sebuah strategi yang paling kompleks implikasinya. karena <strong>bagi perusahaan</strong><strong></strong><strong>, ini akan menjadi pengalaman baru, baik dari segi pasarnya (pasar sasaran baru), maupun dari segi produknya (produk terbaru).
Perusahaan harus melakukan studi kelayakan terlebih dahulu, misalnya saja apakah channel distribusi yang baru akan cukup mendukung karena distribusi menjadi faktor utama keberhasilan produk.
Demikian pula harus diyakini bahwa produk baru tersebut memang sesuai dengan minat konsumen dimana perusahaan bisa memproduksinya dengan kualitas yang sama baiknya dengan produk-produk lamanya atau lebih baik.
Untuk mengurangi resiko kegagalan, biasanya dilakukan test market terlebih dahulu, artinya produk baru ini dicoba dipasarkan di kota tertentu sambil dimonitor sejauh mana penerimaan pasar/konsumennya. Setelah mempelajari hasil test market dan modifikasi produk apabila diperlukan, barulah produk dipasarkan di pasar yang lebih luas.

Bandung, Juni 2011

Abang

About sepatukulitku

penggemar kulit
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s